Peningkatan Kinerja Kader Balita

Marabau- Pj.Kepala Desa Marabau, Ferialdi memberi sambutan sekaligus membuka acara Pelatihan Kader Balita pada Senin, (20/09) di Gedung Serbaguna Desa Marabau.

Pj.kades sampaikan kader harus paham dan mengerti dengan tugasnya masing-masing, karena Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang saat ini telah menjadi Lembaga Kemasyarakatan Desa yang diprakarsai oleh masyarakat dan dikelola oleh masyarakat bersama pemerintah.
Kegiatan Pelatihan Kader Balita adalah salah satu kegiatan UKM (Upaya Kesehatan
Masyarakat) Essensial di Puskesmas. Tujuan dari pembinaan kader posyandu ini adalah untuk meningkatkan kapasitas kader dan pengetahuan kader dalam melaksanakan tugasnya, pemberian makanan tambahan bagi balita dalam rangka peningkatan gizi.
Karena kader posyandu lah yang paling memahami dan mengerti kondisi serta kebutuhan masyarakat di wilayahnya.

Kegiatan pembinaan kader posyandu meliputi pembinaan posyandu balita, pembinaan administrasi, pemeriksaan rutin balita dan penyuluhan. Para kader kesehatan membutuhkan pembinaan atau pelatihan dalam rangka menghadapi tugas-tugas mereka dan masalah yang dihadapi mereka. Hal ini penting dilaksanakan untuk mengingatkan masyarakat agar senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Melalui kegiatan pembinaan kader posyandu ini diharapkan peran Posyandu sebagai
ujung tombak pemantauan status gizi di masyarakat dapat lebih optimal.Kegiatan Pelatihan Kader Balita ini mendatangkan Pemateri dari Puskemas Kuraitaji Ibu Syofyarti,Sgz di dampingi oleh Bidan Desa Yuherni Fitri,Amd.Keb dan di hadiri oleh Kader Balita Melati I dan melati II.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply